Saturday, December 27, 2014

Tanda Keimanan : Tidak Ada Dosa Dalam Keimanan

Tanda keimanan : tidak ada dosa dalam keimanan

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: لا يُخْرِجُ الْمُؤْمِنَ مِنْ إِيمَانِهِ ذَنْبٌ كَمَا لا يُخْرِجُ الْكَافِرَ مِنْ كُفْرِهِ إِحْسَانُ. (رواه ابن ابي الدنيا)

Keterangan : Sang Nabi menyampaikan :

1. bila iman adalah tali kekang perbuatan seperti telah disampaikan pada judul disana, tentu apa yang dilakukan tidak bisa lepas sesuai tali kekang itu.
2. bila tali kekangnya kuat sempurna, tentu ada garansi bila apa yang dilakukan pasti tidak lepas dan lolos dari ukuran dan tali itu dikencangkan. Begitu konsekuensi seterusnya bila ada gradasi terhadap kekuatan tali kekang itu.
3. lawan kata iman adalah kufur. Sampai disabdakan ; iman tidak melahirkan dosa, sebaliknya i h s a n tidak terlahir dari kekufuran.
4. Maka apapun yang dilakukan orang beriman tentu berkebalikan dengan apa yang dilakukan orang kafir. Meski dalam waktu, ruang dan tindakan yang sama, semisal kejujuran. Sama-sama tidak bohong, semisal dalam memberi opini ; itu adalah orang jujur. Tetapi karena dasarnya berbeda tentu konsekuensi dalam catatan amalnya berbeda.

No comments:

Post a Comment